Andik Vermansyah Cari Pelabuhan Baru

Andik Vermansyah di klub Kedah FA. Foto; Official Kedah FA

Kegagalan di musim 2018 membuat klub kasta tertinggi di Liga Malaysia, yakni Kedah FA siap berbenah menyambut musim 2019. salah satu langkahnya adalah membuat gebrakan dengan merombak total komposisi tim, termasuk tim kepelatihan.

Kabar mengejutkannya lima pemain asing mereka tak diperpanjang kontraknya, satu nama diantaranya adalah gelandang asal Indonesia, Andik Vermansyah.

Dia memang tak sendiri, sebab pemain lainnya seperti Alvaro Silva, Paulo Rangelo, Liridon Krasniqi, dan Sandros Mandonca juga merasakan hal yang sama.

”Terima kasih atas khidmat dan jasa bakti sepanjang bersama skuad hijau kuning,” tulis pernyataan resmi Kedah FA di akun resminya.

Kepastian ini membuat Andik dan Kedah FA hanya bekerjasama selama semusim. Andik memang cukup lama bermain di Liga malaysia, tepatnya di Selangor FA.

Keputusan bergabung dengan Kedah FA musim ini ijuga lantaran klub lamanya Persebaya Surabaya tidak jadi merekrut Andik.

Jika bicara prestasi, Kedah Musim ini memang gagal mendulang prestasi membanggakan. Di Piala Malaysia gagal lolos dari fase grup.

Di babak penyisihan, Kedah FA kalah dua kali, yakni atas Kelandan FA 0-2 (16/9), dan Darul Takzim 1-5 (10/8), yang keduanya berstatus laga tandang.

Satu-satunya laga tandang yang berakhir poin, hanya saat melawan MISC-MIFA 2-2 (26/8). sementara itu tiga laga kandang tim ini berbuah tujuh poin. Yakni saat menang melawan Darul Takzim 3-1 (31/8) dan MISC-MIFA 3-2 (18/8), hingga ditahan seri Kelantan FA 0-0 (5/8).

Di klasemen akhir, Kelantan FA dan Darul Takzim dinyatakan lolos ke babak perempat final.

Sementara itu di Liga Super Malaysia, Kedah FA harus puas finis di posisi keenam, dengan tabungan 32 poin. Poin ini kalah jauh dibandingkan juara Darul Takzim FC yang menjadi juara Malaysia Super League 2018 dengan dulangan 59 poin dari 22 laga yang dijalani.

Sepanjang musim, rapor Kedah FA adalah 9 kemenangan, 5 seri dan 8 kali menelan kekalahan. Persentase gol dan kebobolan tim ini juga begitu tipis, yakni 37-36.

Andik sendiri saat ini ada di Jakarta, untuk bergabung dengan Timnas yang tengah dipersiapkan untuk ajang Piala AFF 2018. Dirinya dipanggil bergabung Timnas, untuk menggantikan posisi gelandang Persela lamongan Saddil Ramdani yang tengah bermasalah dengan hukum.