Permainan PSS Sleman Belum Puaskan Seto Nurdiyantoro

Penyerang PSS Sleman, Cristian Gonzales berusaha merebut bola yang dikuasai pemain Persita Tangerang, M Toha dalam laga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (16/11/2018). Foto : Nofik Lukman Hakim

PSS Sleman semakin dekat ke babak semifinal Liga 2 2018. Kemenangan telak atas Persita Tangerang 4-1 di Stadion Maguwoharjo, Jumat (16/11/2018) sore, membuat tim Elang Jawa memuncaki klasemen grup B.

Koleksi tujuh poin cukup untuk menggeser Persita dari puncak klasemen. PSS Sleman unggul head to head atas Persita yang juga mengoleksi tujuh poin. Sementara dua terbawah masih ditempati Madura FC dan Persiraja yang baru main Sabtu (17/11/2018).

Meski begitu, kemenangan telak ini belum memuaskan pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro, terutama dari segi permainan. Timnya belum bisa mengatur tempo permainan hingga babak kedua kehabisan bensin.

“Dari segi hasil saya puas, tapi dari sisi permainan masih ada yang perlu dibenahi. Harusnya para pemain bisa jaga irama, jaga tempo permainan. Jadi tenaganya bisa full dalam dua babak. Mungkin lawan Persita ini pemain sangat antusias memenangkan pertandingan hingga tenaga terforsir di babak pertama,” terang Seto dalam jumpa pers usai pertandingan.

Strategi menyimpan beberapa pilar saat bertandang ke kandang Madura FC terbukti ampuh. Beberapa pilar, seperti Ikhwan Ciptady, Ahmad Marzukih hingga Cristian Gonzales tampil maksimal sepanjang permainan. Gonzales bahkan menyumbang tiga gol dalam laga ini.

“Jauh-jauh hari sudah kita persiapkan untuk memanfaatkan pemain yang istirahatnya agak lama. Jadi mereka punya energi lebih,” tutur mantan pelatih PSIM Jogja ini.

Soal performa Gonzales yang mencetak tiga gol, Seto menilai hal itu merupakan hasil dari kerja sama tim. Semua pemain bisa menciptakan peluang dan Gonzales dengan kualitasnya bisa memanfaatkan setiap kesempatan.

“El Loco cukup impresif, mampu memanfaatkan peluang. Bukan hanya Loco, proses gol terjadi berkat kerja sama beberapa temen. Kemenangan ini bukan kemenangan Loco, tapi kemenangan tim,” ucap Seto.

Setelah lepas beban pertama, PSS Sleman akan menatap laga pamungkas babak 8 besar lawan Persiraja Banda Aceh di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (21/11/2018) mendatang. PSS wajib meraih kemenangan jika ingin melaju ke fase berikutnya.

Nofik Lukman Hakim