Sosok Penting di Balik Comeback Spesial David Da Silva Usai Dilanda Cedera

David da Silva bersama Aldi, fisioterapis Persebaya, melakukan pemanasan pada jeda pertandingan Persebaya melawan PSM Makassar (via persebaya.id)

Persebaya Surabaya melakukan segalanya untuk memulihkan kondisi bomber David da Silva. Mereka menuruti keinginan sang pemain yang meminta kedatangan pelatih pendamping dari Brazil.

Adalah Emilio, pelatih yang didatangkan ke Surabaya untuk membantu Da Silva. Ia mendampingi Da Silva menjalani menu latihan return to sport setiap hari.

“David menyatakan keinginannya untuk dibantu pelatih dari Brazil saat tim sedang di Bali untuk menjalani laga melawan Persib (20 Oktober),” kata dokter tim Persebaya dr Pratama Wicaksana, dikutip dari situs resmi klub.

“Setelah manajer memberikan persetujuan, akhirnya segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mendatangkan Emilio dipersiapkan,” lanjutnya.

Da Silva mengalami medial collateral ligament (MCL) lutut kanan dalam pertandingan melawan Arema FC, Oktober lalu. Dia pun menjalani MRI untuk memastikan kondisi cederanya.

Lantas, ia pun sempat mendapat penanganan lewat platelet rich plasma (PRP). Kedatangan Emilio mempercepat Da Silva melewati tahapan itu.

Da Silva pun akhirnya kembali turun sebagai pemain pengganti dalam laga melawan PSM Makassar, pekan lalu. Ia juga membuktikan, bahwa absen lima pekan tidak membuat ketajamannya hilang. Dalam laga melawan PSM, dia langsung mencetak gol.

“Senang bisa mencetak gol lagi dan top scorer. Tapi yang terpenting bagi saya adalah membantu Persebaya untuk meraih hasil maksimal sampai akhir musim nanti,” tandasnya.

Chrismansyah Prayogo