Timnas Vietnam Kampiun Piala AFF Sepak Bola Pantai 2018

Timnas Vietnam usai meraih title juara Piala AFF sepak bola pantai di Bali., Foto: Official PSSI

Timnas Vietnam sukses menjadi juara pada ajang Piala AFF Sepak Bola Pantai 2018 yang dihelat di Bali.

Tim polesan pelatih Le Van Tu ini menjadi juara setelah mengalahkan Thailand pada laga pamungkas di Pantai Tanjung Benoa, Bali, Sabtu (24/11), dengan skor 6-4.

Pada pertandingan final Piala AFF Sepak Bola Pantai 2018 tersebut Vietnam berhasil mengalahkan Thailand dengan semangat spartan. Vietnam yang tidak diunggulkan sebelumnya secara mengejutkan membuat Thailand tertinggal 4-2 di babak kedua. Tiga gol pertama Vietnam bahkan dibuat dalam kurun waktu tiga menit.

Kemenangan Vietnam pada laga tersebut bersumber dari gol-gol yang diciptakan oleh Nguyen Ahn Nhan (menit 14), Bui Tran Tuan Anh (menit 15), Ho Quoc Hung (menit 16), Nguyen Hoang Quan (menit 20), dan Tran Vinh Phong (menit 25 dan 33).

Sementara itu, gol dari Thailand diciptakan oleh Komkrit Nanat (menit 9), Suchon Lamchalad (menit 17), Tanandon Praracha (menit 30 dan 35).

“Kita memang kalah besar saat bertemu Thailand di fase grup, tapi di final kami datang dengan mempersiapkan segalanya dengan matang. Hasilnya, kita bisa lihat sendiri. Saya senang dengan kerja keras dan kepercayadirian pemain,” kata Pelatih Vietnam, Le Van Tu.

Sementara itu, pelatih Thailand Abol Fazl, mengatakan, akan melakukan evaluasi terhadap anak asuhnya setelah gagal dapatkan juara.

“Turnamen ini penting karena bagian persiapan dari turnamen yang tingkatnya lebih tinggi lagi (Piala Asia dan Kualifikasi Piala Dunia). Kami pulang membawa catatan penting untuk segera diperbaiki,” kata pelatih berdarah Iran tersebut.

Dengan hasil ini, Vietnam keluar sebagai juara dari Piala AFF Sepak Bola Pantai 2018 yang diselenggarakan di Pantai Tanjung Benoa, Bali, 18-24 November 2018. Disusul dengan Thailand yang menjadi runner-up, Malaysia pada peringkat ketiga dan Indonesia sebagai fair-play team.