Moral Tim Tengah Positif, PSIS Tak Takut Dihadang Jadwal Padat

PSIS Semarang kala bertemu Perseru Serui di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Minggu (23/9/2018) (via liga-indonesia.id)

PSIS Semarang bakal menghadapi jadwal padat. Skuat Laskar Mahesa Jenar harus menjalani tiga pertandingan dalam rentang waktu 12 hari.

Usai mengalahkan Barito Putera 1-0 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Sabtu (13/10/2018), skuat asuhan Jafri Sastra itu sudah ditunggu duel melawan PS Tira di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (17/10/2018). Tak pelak, mereka hanya memiliki waktu tiga hari untuk persiapan sekaligus memulihkan kondisi fisik.

“Pemain pasti mengalami tingkat kelelahan. Namun, kami sebagai tim pelatih harus pintar mengatur strategi latihan, salah satunya mengurangi volume dan intensitas dalam latihan,” ujar pelatih fisik PSIS, Budi Kurnia.

Di sisi lain, para pemain pun mendapat asupan makanan bernutrisi khusus serta tambahan suplemen multivitamin. Diharapkan, multivitamin bisa mengganti dengan cepat sel-sel tubuh yang rusak karena aktivitas berat.

“Kami juga menggunakan metode ice bath agar recovery otot jadi lebih cepat dan meminimalisasi tingkat kelelahan,” imbuhnya.

Namun, mantan pelatih fisik Persis Solo itu menyebut kondisi stamina pemain tidak kembali 100 persen. Kekurangan itu bisa ditutupi dengan motivasi pemain yang sedang bagus-bagusnya dalam lima laga terakhir yang dijalani PSIS.

“Kalau psikologi pemain bagus, hal-hal semacam itu bisa ditutupi. Apalagi PSIS dalam aura yang positif setelah keluar dari zona degradasi,” ucap Budi.

Chrismansyah Prayogo