Fakta Bomber Anyar Persebaya, Juara Liga Skotlandia hingga Merumput di Liga Champions

Amido Balde diambil sample darahnya sebagai salah satu rangkaian tes kesehatan (via persebaya.id)

Persebaya Surabaya mendapatkan pengganti bomber David da Silva. Amido Balde, mantan striker Glasgow Celtic, adalah sosok yang bakal diandalkan Tim Bajul Ijo di musim depan.

Amido sudah tiba di Surabaya Kamis (31/1/2019) malam.

Jumat (1/2/2019) lalu, dia menjalani serangkaian tes medis sebelum resmi masuk skuad Green Force.

Ada sejumlah fakta menarik mengenai Balde. Ia cukup kenyang pengalaman bermain di level atas eropa.

Tercatat, ia pernah membela Tim Nasional Portugal U-19. Kemudian, tampil bersama Celtic di ajang Liga Champions.

Berikut beberapa fakta mengenai Balde :

1. Runner-up Piala Dunia U-20

Balde mengawali kiprah internasional dengan membela Timnas Portugal U-19 yang tampil di Euro U-19 2010 di Prancis. Namun, timnya gagal menembus fase gugur setelah gagal bersaing dengan Italia, Kroasia dan Spanyol di Grup B.

2. Juara Premiership Skotlandia

Balde patut gembira dengan musim 2013-2014 yang dijalaninya bersama Glasgow Celtic. Saat itu, Skotlandia sedang melakukan merger kompetisi antara Premier League dan Football League menjadi Premiership.

Di musim perdana Premiership, Balde meraih gelar juara bersama Celtic. Dia berhasil mencatatkan 20 penampilan dan 3 gol.

Namun, hal itu tak membuatnya bertahan di Celtic karena dua tahun berikutnya menjalani masa pinjaman.

3. Tampil di Liga Champions

Selama periode 2010-2013, Balde sering berganti klub. Nasib baik kemudian menghampirinya di awal musim 2013-2014. Dia mendapat pinangan dari klub raksasa Skotlandia, Glasgow Celtic.

Berada di Celtic, Balde berhasil menjalani debutnya di Liga Champions. Sayangnya, lagi-lagi dia tidak terlalu memberikan pengaruh siginifikan.

Ia hanya mampu membukukan tiga penampilan di kompetisi kasta tertinggi antarklub Eropa itu. Bahkan, menit bermainnya pun minim.

Berdasarkan catatan UEFA, Balde melakoni laga debut di Liga Champions melawan wakil Irlandia Utara, Cliftonville, di leg kedua babak kualifikasi. Dia hanya tampil 14 menit setelah masuk pada menit ke-76 menggantikan James Forrest.

Laga keduanya terjadi pada meladeni wakil Kazahstan, Shakhter Karagandy, di babak play-off. Di laga ini dia juga tampil sebagai pengganti masuk pada menit ke-82 menggantikan Emilio Izeguirre membuatnya hanya merumput 8 menit.

Balde mendapat kesempatan saat Celtic masuk ke fase gugur. Lawan yang dihadapi timnya adalah Ajax Amsterdam. Dia mengawali pertandingan dari bangku cadangan.

Kali ini kesempatannya lebih minimkarena baru masuk di injury time. Selebihnya, Balde tidak tampil di fase gugur Liga Champions lantaran timnya menjadi juru kunci Grup H setelah Barcelona, AC Milan, dan Ajax.

Chrismansyah Prayogo