Ada Saran Adelmund dan Emile Linkers di Balik Keputusan Raphael Maitimo Gabung PSIM Jogja

Raphael Maitimo dalam jumpa pes di Wisma PSIM, Jumat (12/4/2019). Foto : Nofik Lukman Hakim

Mantan pemain Persebaya Surabaya, Raphael Maitimo, resmi berseragam PSIM Jogja di Liga 2 2019. Bahkan, gelandang 35 tahun tersebut langsung diikat dengan durasi kontrak dua tahun.

Dengan begitu, Maitimo mengikuti jejak rekan-rekannya asal Belanda yang pernah berseragam Laskar Mataram. Mereka adalah Lorenzo Rimkus, Emile Linkers, dan Kristian Adelmund.

Maitimo pun mengaku mendapat sedikit banyak masukan dari Adelmund dan Linkers sebelum memutuskan berseragam PSIM Jogja. Ada beberapa hal disampaikan kedua pemain itu, seperti suasana kota hingga dukungan suporter luar biasa.

“Ya, mereka bilang yang pertama kota, Yogyakarta sangat bagus, mereka bilang fans-nya sangat luar biasa yang selalu support,” kata Maitimo.

Linkers dan Adelmund hampir membawa PSIM promosi ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia pada musim 2011/2012 bila tidak kalah dari Persegres Gresik United di babak play-off dengan skor 1-3. Namun, hak alias gaji mereka sempat tertunggak hingga 2018.

Meski demikian, Maitimo menuturkan bahwa tidak ada hal buruk yang disampaikan. Justru, mereka mengaku bahagia ketika mengenang saat-saat berseragam PSIM Jogja.

Baca Juga  Infeksi Saluran Cerna, Amido Balde Absen Lawan PSS Sleman

“Waktu itu mereka bermain di sini, berbeda dengan sekarang, ada masalah sedikit dengan manajemen, tapi mereka bilang sangat senang main di sini,” tuturnya menambahkan.

Linkers dan Adelmund saat ini masih aktif bermain sepak bola di negeri asalnya, Belanda.  Menurut Soccerway, Linkers kini membela klub kasta ketiga Liga Belanda, Liendem. Sementara Adelmund, ia terakhir kali membawa SC Feyenoord promosi ke kasta kelima Liga Belanda.

Febri Aldi