Timnas Futsal Indonesia Dilatih Pelatih Asal Jepang

Kensuke Takahashi resmi jadi pelatih kepala Timnas Futsal Indonesia

JAKARTA – Tim nasional Futsal Indonesia resmi mendapatkan pelatih baru. Dia adalah Kensuke Takahashi, pelatih asal Jepang.

Kensuke nantinya tidak hanya mengarsiteki Timnas futsal Indonesia putra, Timnas Futsal putri, dan U-20. Pelatih berusia 35 tahun ini dikontrak jangka panjang hingga 2020 oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI), namun setiap tahun ada evaluasi.

Ketua FFI, Hary Tanoesoedibjo mengaku sangat optimistis Timnas Futsal Indonesia bisa berprestasi di bawah arahan Kensuke.

“Saya optimistis karena dia sangat komunikatif dan telah berdialog dengan saya mengenai apa yang akan dikerjakan dan saya tanya kelemahan timnas kita, dia jabarkan ke saya. Target jelas satu tahun menembus final AFF, lalu empat besar di AFC 2020. Dengan begitu akan meningkatkan kualitas futsal kita di dunia,” ujar Hary Tanoesoedibjo (HT) yang dikutip dari situs resmi PSSI.

HT juga ingin agar Kensuke tak segan untuk mengungkapkan kebutuhannya dalam melatih. Ia juga menyatakan bahwa Kensuke telah memberitahu apa saja kekurangan Timnas Futsal Indonesia.

“Salah satu kelemahan dari tim kita itu kurang kompak, kemudian strategi perlu diperbaiki. Nanti banyak dari pelatihnya yang akan melatih bagaimana caranya bermain lebih baik, serta tidak kalah pentingnya lagi stamina. Kalau yang dirasakan sudah kuat adalah dari teknik skill pemain kita, itu yang harus kita sambut positif dan perlu ditingkatkan lagi,” tambahnya.

Sementara itu, Kensuke merasa bangga dan terhormat menjadi pelatih Timnas Futsal Indonesia. Ia pun siap memberikan yang terbaik dan maksimal demi prestasi Timnas Futsal Indonesia.

“Para pemain Indonesia memiliki potensi yang sangat tinggi, namun kita perlu tingkatkan lagi kekompakkan pemain dan juga strategi dalam bermain. Dan untuk meningkatkan strategi itu perlu stamina yang oke,” kata Kensuke.

“Saya melihat kemampuan pemain Indonesia secara personal itu bagus, tapi perlu ditingkatkan lagi adalah kerja samanya. Dan saya sangat merasakan bahwa Indonesia bisa menjadi tim kuat di Asia,” jelasnya.

Dalam waktu dekat, Kensuke akan memimpin Timnas Futsal Putri Indonesia untuk mengikuti Kejuaraan Futsal Asia Putri 2018 yang akan digelar di Thailand, 2-12 Mei mendatang. Mantan pelatih klub futsal Jepang, Bardral Urayasu ini juga baru saja menyaksikan pertandingan Liga Futsal Profesional 2018 yang digelar di GOR Jatinangor akhir pekan lalu.

Jaladwara