Dipanggil Timnas Indonesia, Marc Klok Akui Belum WNI

Pertandingan Kalteng Putra melawan PSM Makassar di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Rabu (6/3/2019). Foto : Nofik Lukman Hakim

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, memanggil 25 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) dan dua laga uji coba internasional menghadapi Yordania dan Republik Vanuatu, yang akan digelar pada 11 dan 15 Juni mendatang.

Di luar daftar 25 pemain tersebut, Simon juga memanggil pemain PSM Makassar, Marc Anthony Klok, untuk mengikuti TC. Kehadiran gelandang kelahiran Belanda itu pun banyak mengejutkan publik.

Bagaimana tidak, Klok masih terdaftar sebagai pemain asing PSM di Liga 1 2019. Belum pernah ada pemberitaan pula jika dirinya sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Klok pun mengaku jika proses naturalisasinya memang belum rampung. Kehadiran dirinya ke TC Timnas Indonesia sebatas untuk latihan bersama dan beradaptasi dengan tim yang akan menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022 sekaligus Kualifikasi Piala Asia 2023 pada September mendatang.

“Saya ingin sampaikan bagi yang mungkin belum mengetahui hal ini: Saya sedang menyelesaikan proses naturalisasi saya. Kali ini hanya untuk latihan saja. Untuk beradaptasi dengan tim dan untuk mempersiapkan diri untuk Kualifikasi Piala Dunia,” tulis Klok di Instagram pribadinya.

Meski demikian, Klok tetap bangga bisa mendapat penggilan TC bersama Timnas Indonesia. Ia ingin membayar kepercayaan yang telah diberikan oleh PSSI dan Simon McMenemy selaku pelatih skuat Garuda.

“Saya masih belum diizinkan untuk bermain karena prosesnya belum selesai. Dengan kehendak Tuhan mudah-mudahan ini akan selesai segera. Saya ingin berterimakasih kepada PSSI dan Simon Mcmeneny untuk kepercayaannya kepada ku,” tuturnya menambahkan.

TC Timnas Indonesia rencananya akan berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Pemain akan berkumpul pada 30 Mei dan 1 Juni 2019. Nantinya, para pemain akan menjalani latihan malam hari karena sebagian besar dari mereka menjalani ibadah puasa.

Febri Aldi