Ezra Walian Belum Pasti Tampil di SEA Games 2019

Ezra Walian (kanan) saat membela Almere City FC dalam pertandingan Jupiler League, beberapa waktu lalu. Foto : Official Almere City FC

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, belum mengetahui kelanjutan permasalahan naturalisasi Ezra Walian. Ia berharap akan ada titik terang sebelum batas akhir pendaftaran pemain untuk SEA Games 2019.

Ezra Walian sempat tergabung Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di ajang Kualifikasi Piala Asia di Vietnam pada Maret lalu. Namun, lantaran pernah memperkuat Timnas Belanda U-17 di Piala Eropa 2014, statusnya dipermasalahkan oleh AFC dan KNVB.

“Ezra saya belum tahu, itu bisa ditanyakan langsung ke PSSI tentang kelanjutannya. Setahu saya dia bermasalah saat proses naturalisasinya, AFC dan KNVB mempermasalahkan,” kata Indra Sjafri, Rabu (29/5/2019).

SEA Games 2019 sebenarnya bukan kompetisi yang masuk dalam kalender FIFA. Namun, Indra Sjafri tetap enggan memainkan striker berdarah Belanda itu jika status naturalisasinya masih dipermasalahkan.

“Tidak elok juga kalau tetap mendaftarkannya karena AFC jelas-jelas mempermasalahkan. Makanya saya berharap ada kejelasan sampai tanggal 2 September nanti, kalau sebelum itu sudah oke, saya akan masukkan dia,” terangnya.

Indra Sjafri pun akan menunggu status Ezra Walian setidaknya sampai batas akhir pendaftaran SEA GAmes 2019. Jika sudah beres, striker RKC Waalwijk itu kembali berpeluang berseragam Garuda.

“Saya berharap ada kejelasan sampai 2 September. Kalau dinyatakan oke, saya akan daftarkan di 40 nama (untuk SEA Games 2019),” tutup pelatih 56 tahun itu.

Febri Aldi