Bedakan “Si Kembar Cantik” Milik Merpati Bali? Begini Caranya

Tania Rasidi (kiri) dan Lamia Rasidi (kanan). Foto : Istimewa/Dok Pribadi

JAKARTA – Tak bisa dihitung berapa jumlah orang kembar di Indonesia. Namun yang bisa menembus olahraga profesional, bukan hal sulit untuk menghafalkan namanya. Ingat, namanya ya!

Di cabang sepak bola, ada si kembar Zulham Zamrun dan Zulvin Zamrun. Keduanya sama-sama sukses bermain untuk klub Liga 1. Pada musim lalu, Zulham membela PSM Makassar. Sementara Zulvin membela klub Borneo FC.

Ada juga dari cabor sepak takraw. Atlet Jawa Barat untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016, Lena dan Leni. Pada ajang empat tahunan tersebut, keduanya sukses mempersembahkan emas untuk Jawa Barat.

Selain itu, cabor basket tak mau ketinggalan. Saat masih mengikuti kompetisi Womens National Basketball League (WNBL) Indonesia, Sritex Dragons Solo punya dua pasang pemain kembar.

Dyah Puspitasari-Lusia Puspitasari dan Lamia Rasidi-Tania Rasidi. Dari dua pasang itu, kini tinggal Lamia-Tania yang masih aktif. Keduanya sama-sama membela tim putri Merpati Bali yang mengikuti Srikandi Cup 2017/2018.

Sebagai pasangan kembar, Lamia dan Tania terbilang kompak. Baik dalam kehidupan sebagai atlet maupun sehari-hari. Mereka sama-sama berkuliah dan menuntaskan studi S1-S2 di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Keduanya juga selalu membela klub yang sama. Dari mulai Kalimantan Timur saat Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 lalu, Sritex Dragons Solo dan kini Merpati Bali.

Atribut yang dikenakan juga selalu sama, mulai dari sepatu, kaos kaki dan ikat kepala.  Tinggi badan sama-sama 160 centimeter. Berat badan hampir sama, Lamia 53,5 kilogram dan Tania 54 kilogram. Tentu saja bila di lapangan, yang tampak berbeda hanya nomor punggungnya. Karena memang itu wajib ya.

Kekompakan mereka membuat pecinta basket kerap kesulitan membedakan, mana Lamia dan mana Tania. Keduanya juga sering mengunggah foto berdua dengan pertanyaan sama, mana Lamia dan mana Tania?.

Nah, kini kalian tak perlu pusing. Kepada KAMPIUN.ID, Tania membocorkan perbedaan yang paling gampang dilihat dari sang kakak, Lamia. Perbedaan itu ada pada bentuk kepala dua wanita cantik ini.

“Hmmm…kalau Mia lebih bulet gitu wajahnya, kalau aku lebih oval. Langsung kelihatan sih,” kata Tania. Ciri-ciri ini sih berlaku kalau kalian bertemu Lamia dan Tania sedang bersamaan. Lalu apa lagi ya?

“Apa lagi ya..potongan rambut, karena mukanya mirip jadi potongan rambutnya mirip-mirip. Suara juga hampir sama. Mungkin Mia lebih aktif kalau bertemu orang baru,” jelas Tania.

Sekarang gimana, sudah cukup pengetahuan kah?. Ini bisa jadi modal kalau kalian nanti bertemu Lamia atau Tania. Dan terpenting, kalau kalian diundang ke acara pernikahan mereka suatu saat nanti. Karena Lamia dan Tania sudah merencanakan nikah bersamaan.

“Kalau jodohnya bisa bareng ketemunya, rencana emang mau bareng juga nikahnya. Itu kalau dikasih sama Tuhan kesempatan yang sama,” ucapnya.

Pada Srikandi Cup seri I di Makassar, Desember lalu, baru Lamia yang turun ke lapangan. Pasalnya, Tania saat ini masih dalam tahap penyembuhan cedera engkel kanan. Mereka berkesempatan tampil pada seri II di Surabaya, 29 Januari-4 Februari mendatang.

“Belum tahu nanti ikut atau enggak. Karena nunggu benar-benar pulih dulu, dari pada nanti cedera lagi. Ini cedera pertama soalnya. Mungkin nanti seri III di Jakarta atau babak playoff di Cirebon,” tutupnya.

Jadi kira-kira, kalau lihat foto mereka ini, mana Lamia dan mana Tania? 

Mana Tania dan mana Lamia ? Foto : Istimewa/Dok Pribadi
Ini Lamia apa Tania ? Foto : Official Merpati Bali

Nofik Lukman Hakim