Pebulutangkis Wonogiri Termotivasi Kritik Tajam Susy Susanti

Gregoria Mariska Tunjung. Foto : Badmintonindonesia.org

SOLO – Gregoria Mariska kembali tampil apik, dengan mengalahkan wakil Singapura, Nur Insyirah Khan dengan skor 21-12, 21-16 pada ajang Badminton Asia Team Championships 2018 di Ulan Bator, Malaysia, Selasa (6/2/2018). Kemenangan itu melengkapi dominasi Indonesia atas Singapura menjadi 5-0.

Kemenangan telat yang dicatatkan Gregoria membuat namanya kembali diperhitungkan untuk diturunkan saat pertandingan melawan Tiongkok, Kamis (8/2/2018).

Ternyata, ada peran Susy Susanti dibalik menanjaknya peforma Gregoria. Kritik tajam dari Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI itu dijadikannya cambuk untuk memperbaiki penampilan.

“Saya menerima kritik dan masukan dari cik Susy. Kritik ini jadi penyemangat buat saya, supaya saya ngaca, introspeksi diri. Kalau soal down pasti ada, rasanya sedih sekali, tapi mau sampai kapan saya down, lebih baik dibuktikan dengan hasil di lapangan,” kata Gregoria seperti dikutip dari Badmintonindonesia.org.

“Memang semangat saya masih kurang, kadang latihan seminggu semangat, kadang turun. Mungkin ini maksud cik Susy yang mengatakan saya tidak disiplin. Ke depannya, saya akan memperbaiki ini,” tambahnya.

Terkait penampilannya Gregoria, Susy pun melihat ada penutunan pada set kedua. “Gregoria di awal bagus, tapi di game kedua berubah jadi mau cepet-cepetan. Dia bukan cuma harus percaya diri tapi harus jeli mengatur irama permainan. Bukan cuma butuh keyakinan, tapi kematangan dalam menganalisa permainan,” sebut Susy.

Nofik Lukman Hakim