Tour de Jogja Diikuti 1250 Peserta dari Sorong hingga Kanada

Kepala Bidang Pemasaran Dinpar DIY Marlina Handayani (tengah) bersama panitia dalam jumpa pers Tour de Jogja di Hotel Sheraton Jogja, Jumat (15/3/2019). Foto : Nofik Lukman Hakim

Sebanyak 1250 peserta mengikuti event sepeda Tour de Jogja 2019 yang digelar Minggu (17/3/2019) pagi. Acara bertemakan Exploride for Happiness Life ini akan menempuh rute 142 kilometer.

Peserta bukan saja berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Banyak pula yang datang dari Sorong, Makassar, Pontianak, Palangkaraya, Bangka, DKI Jakarta, Surabaya dan kota lainnya.

Turut hadir 20 peserta dari luar negeri. Mereka berdatangan dari Korea, Jepang, Kanada dan Amerika Serikat. Meski bukan ajang balap profesional, event ini menyediakan hadiah Rp 50 Juta dan berbagai doorprize menarik.

“Tour de Jogja merupakan satu dari 127 event yang digelar Dinas Pariwisata DIY tahun ini. Antusias penghobi sepeda sangat luar biasa. Hanya sepekan registrasi dibuka, kuota langsung terpenuhi,” kata Kepala Bidang Pemasaran Dinpar DIY Marlina Handayani di Hotel Sheraton Jogja, Jumat (15/3/2019).

Rute 142 kilometer ini akan dominan melewati wilayah Kulon Progo. Sederet potensi wisata serta pertunjukkan kesenian akan ditampilkan pada beberapa titik. Rombongan akan start dan finish di Ramayana Ballet Kompleks Candi Prambanan.

Baca Juga  Membanggakan, CLS Knight Kampiun ABL 2018/2019

“Kami melihat hal ini sangat efektif untuk promosi potensi wisata DIY. Peserta bukan hanya fokus dengan sepedanya, tapi juga dimanjakan dengan pemandangan yang indah,” imbuhnya.

Meski event ini mengusung tema Exploride for Happiness Life, banyak pula pesepeda profesional yang ikut serta. Kehadiran para profesional dari klub-klub besar Tanah Air semakin menambah semarak event ini.

Nantinya setiap peserta diwajibkan mengunduh aplikasi “Lacakin”. Aplikasi ini digunakan untuk memantau aktivitas para pesepeda. Dari aktivitas ini juga akan diketahui jika ada peserta yang melewati rute berbeda dari ketentuan.

“Kami bukan hanya fokus menyiapkan rute yang variatif. Panitia akan sekuat tenaga untuk menjamin kenyamanan dan keamanan bagi setiap peserta. Ada petugas medis yang disediakan di sepanjang rute,” ucap koordinator Tour de Jogja, Septyadi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi salah satu peserta VIP yang akan ikut serta. Ada pula pejabat dari dinas Kementerian Pariwisata dan Polri.

Nofik Lukman Hakim