Anak Legenda Arseto Solo Siap Bawa Jakarta Pertamina Energi Juara Proliga 2018

Pemain Jakarta Pertamina Energy, Nandita Ayu Salsabila. Foto : Nofik Lukman Hakim

SOLO – Performa tim voli putri Jakarta Pertamina Energi memang cukup memukau di Proliga 2018. Salah satu bintang lapangan tim ini adalah Nandita Ayu Salsabila.

Dara manis kelahiran 7 Desember 1997 tersebut mengaku cukup optimistis membawa timnya menjadi juara.

“Persaingan tetap berat, dalam diri saya sendiri sih jelas sangat yakin tim saya bisa menjadi juara. Jelas ingin memperbaiki catatan di musim lalu (yang hanya sampai runner up),” terang pemilih tinggi 172 centimeter tersebut.

Bermain di final four Proliga di Sritex Arena, ternyata ada hal yang cukup menarik bagi dirinya pribadi. Hal itu lantaran sang ayah ternyata diketahui besar namanya di kota ini. Dirinya adalah anak dari mantan kapten Timnas era 1990an, dan legenda Arseto Solo, Sudirman.

Walaupun bakat dirinya dan jalan hidup yang dipilihnya, jelas mengikuti jejak sang ibu yang juga atlet voli, yakni Tri Wahyuni, yang sempat membela Timnas Indonesia. Nandita juga cukup akrab dengan jersey timnas garuda.

Dirinya sempat memberikan banyak medali untuk Indonesia. Yakni medali perunggu di SEA Games Myanmar 2013, lalu perunggu SEA Games Singapura 2015, hingga perak di SEA Games Malaysia 2017 lalu.

“Di Asian Games kali ini jelas cukup berat, tapi tetap yakin. Lawannya berat-berat seperti Jepang dan Korea,” terang pemain yang sempat membawa Jakarta Popsivo Polwan menjadi juara Proliga di tahun 2012 dan 2013.

Jika kembali mengkait-kaitkan Nandita Ayu Salsabila dengan Solo, ternyata masih ada. Dirinya adalah istri dari Aji Maulana, kapten Palembang Bank Sumselbabel. Aji adalah kelahiran Solo, dan sempat menimba ilmu di klub Vita Solo pada tahun 2001-2011.

Kedua pemain Timnas ini resmi menikah pada 29 Oktober 2017 tahun lalu. Meski sudah berumah tangga, ternyata Nandita mengakui karirnya di dunia voli akan tetap berjalan.

“Mas Aji tak melarang saya untuk tetap berkarir di voli. Dia malah selalu memotivasi saya agar terus meningkatkan semangatnya saat mendukung klub yang saya bela. Lagian sama-sama berkarir di voli, jadi tak ada kesulit dari sisi komunikasinya,” pungkasnya.

Nofik Lukman Hakim