KONI Solo Santai Tanggapi Surat Sterilisasi Stadion Manahan

Stadion Manahan Solo. Foto : Nofik Lukman Hakim

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solo belum punya rencana untuk meninggalkan komplek Stadion Manahan Solo. Meski sudah menerima surat bahwa stadion steril mulai 1 Juni, pengurus KONI Solo tetap santai.

Hal ini diungkapkan Ketua KONI Solo, Gatot Sugiartono. Pihaknya belum punya rencana untuk memindahkan kantor selepas mendapat surat tersebut. Hal itu didasari progres renovasi yang belum ada aktivitas pembangunan.

“Benar, suratnya sudah kami terima. Tapi KONI Solo belum berpikir untuk segera pindah. Begitu pula dengan cabor-cabor yang berkantor di Manahan. Malah KONI beserta pengurus cabor belum menggelar rapat soal itu. Kita kan belum tahu pelaksanaan renovasinya kapan. Belum ada informasi soal pemenang lelang,” terang Gatot kepada KAMPIUN.ID, Rabu (30/5/2018) siang.

Gatot malah berharap renovasi Stadion Manahan baru dimulai setelah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2018 pada 19-26 Oktober mendatang.

Pasalnya, ada banyak cabang olahraga yang akan dipertandingkan di komplek Stadion Manahan. Di antaranya sepak bola, balap motor, balap sepeda, sepatu roda, judo, panjat tebing dan berbagai cabor lain.

“Renovasi Stadion Manahan dengan GOR Manahan ini berbeda. Sejak awal tidak ada pertandingan yang digelar di GOR Manahan karena informasinya sudah jelas, pemenang lelang juga sudah ada. Kalau Stadion Manahan kan baru saja,” tuturnya.

“Tapi soal nanti bagaimana, kami serahkan kepada ketua pelaksana Porprov Jateng. Kan ketuanya pak walikota (FX Hadi Rudyatmo). Kalau mau venuenya dipindah ya kita nurut saja. Termasuk pemindahan kantor ini,” lanjutnya.

Pada Porprov Jateng 2018 nanti, ada 47 cabor yang akan dipertandingkan. Mayoritas lokasi penyelenggaraan ada di kota Solo. Namun tak sedikit pula yang digelar di wilayah eks karesidenan Surakarta.

Kota Solo sebagai tuan rumah akan mengikuti 46 cabor. Satu cabor yang tak diikuti tuan rumah adalah dayung, lantaran tak punya atlet.

Nofik Lukman Hakim