Mantap!!! Aksi Brigata Curva Sud Buat Kagum Suporter Dunia

Brigata Curva Sud (BCS) saat mendukung tim kesayangannya dalam laga uji coba melawan Bali United, beberapa waktu lalu. Foto : Official BCSxPSS

SLEMAN – PSS Sleman boleh saja berstatus sebagai klub kasta kedua di Indonesia. Namun hal itu tak berlaku untuk suporter setianya, Brigata Curva Sud (BCS).

Suporter dengan slogan “No Leader Just Together” itu kerap kali mengundang decak kagum. Bukan saja soal koreonya yang tersusun rapi, namun semangat yang ditunjukkan para anggotanya begitu luar biasa.

Untuk sekelas tim kasta kedua, sulit untuk bisa menandingi jumlah penonton di Stadion Maguwoharjo Sleman. Puluhan ribu tiket selalu ludes di setiap pertandingan. BCS juga tak pernah absen mendukung Super Elang Jawa saat laga tandang.

Aksi inilah yang kemudian membuat BCS kerap kali jadi “sasaran” study banding suporter lokal. Banyak suporter Tanah Air yang beraliran “ultras” menirukan lagu atau pun aksi yang dilakukan BCS. Mereka tak segan untuk datang langsung merasakan atmosfer stadion berkapasitas 35 ribu penonton tersebut.

Selain jadi sorotan di negeri sendiri, BCS juga sering kedatangan tamu dari luar negeri. Suporter dari Polandia, Malaysia dan berbagai negara lain juga rela menempuh perjalanan jauh ke Sleman.

Salah satu yang spesial, BCS menjadi salah satu suporter Asia yang diliput khusus oleh media Copa90. Copa90 menyebut BCS sebagai sebuah kelompok ultras yang bisa menyaingi deretan suporter terbaik di Eropa. “Mereka memilki kelompok (pendukung) perempuan dengan jumlah lebih dari 100 anggota, sesuatu yang tidak mungkin di Eropa, apalagi di negera muslim terbesar di dunia!.”

Video berdurasi tujuh menit yang diunggah Copa90 di akun youtube mereka pada bulan Agustus lalu disaksikan lebih dari 800 ribu kali. Ada ribuan pujian yang dilontarkan suporter dari berbagai penjuru dunia di kolom komentar. Pujian datang dari anggota Ultras Malaya, suporter East Bengal India hingga Polandia.

Berikut video aksi BCS yang diabadikan Copa90 :

Nofik Lukman Hakim