PROFIL PEMAIN: Kalteng Putra Butuhkan Pengalaman Yu Hyun Koo

Yu Hyun Koo

Kalteng Putra menjadi satu diantara tiga tim yang promosi ke Liga 1 2019. Meski berstatus tim promosi, Kalteng Putra langsung menargetkan tinggi, yaitu juara.

Target besar Kalteng Putra ini diikuti dengan menggaet pelatih dan pemain berpengalaman. Salah satunya adalah Yu Hyun Koo.

Hyun Koo menjadi legiun asing pertama yang digaet tim asal Kalimantan ini. Kedatangan pemain asal Korea Selatan ini diharapkan mampu membawa Kalteng Putra ‘terbang’ di Liga 1.

Bagi pecinta sepakbol nasional nama Yu Hyun Koo memang sudah tak asing lagi. Pemain yang kini berusia 36 tahun ini sudah malang melintang di Indonesia.

Mengawali kariernya bersama Pohang Steelers, Hyun Koo berpetualang ke beberapa klub di Korea Selatan sebelum pindah ke Singapura bersama Super Reds.

Selanjutnya Hyun Koo memutuskan pindah ke Indonesia pada tahun 2010 dengan bergabung ke Semen Padang FC.

Di klub tersebut Ia menasbihkan diri sebagai salah satu gelandang terbaik di Indonesia. Kemampuan merebut bola, passing hingga daya jelajah sang pemain menjadi idaman bagi para pelatih.

Bermain lima musim bersama Semen Padang FC, Hyun Koo memutuskan menyebrang ke Sriwijaya FC. Di klub ini namanya semakin mentereng.

Meski Sriwijaya FC kerap mendatangkan pemain bintang, Hyun Koo tetap menjadi pilihan utama. Bahkan Ia dipercaya menjadi kapten tim di klub tersebut.

Terdegradasinya Sriwijaya FC musim lalu membuat Hyun Koo dispekulasikan pindah ke beberapa klub. Hingga akhirnya Kalteng Putra menjadi pelabuhan baru bagi sang pemain.

Pengalamannya bermain di level teratas Liga Indonesia membuat kalteng Putra kepincut dengannya. Ia akan menjadi motor di lini tengah Kalteng Putra bersama I Gede Sukadana.

PROFIL SINGKAT

Nama: Yu Hyun Koo

Kewarganegaraan: Korea Selatan

Umur: 36 Tahun

Karier:

Pohang Steelers (2001-2005)

Bucheon SK (2005)

Jeju United (2005-2007)

Gwangju Sangmu (2007-2008)

Super Reds (2009-2010)

Semen Padang FC (2010-2015, 2016)

Sriwijaya FC (2015-2019)

Kalteng Putra (2019- )