Soal Peta Persaingan Liga 2 2019, Pelatih Persewar Yakin Bisa Bersaing

Pelatih Persewar Waropen, Carolino Ivakdalam (tengah). Foto: Instagram/@galeri_persewar

Pelatih Persewar Waropen, Carolino Ivakdalam, tetap merasa optimis melihat peta persaingan Liga 2 2019. Dengan materi pemain yang telah disiapkan, ia tidak gentar walau berstatus sebagai tim promosi.

Liga 2 musim ini diprediksi akan berlangsung menarik. Pasalnya, banyak klub peserta yang siap menggelontorkan dana besar untuk mendatangkan pemain mumpuni demi bisa promosi ke Liga 1, seperti PSIM Jogja, Sriwijaya FC, PSMS Medan, hingga Persita Tangerang.

Belum lagi Mitra Kukar yang baru saja terdegradasi dari Liga 1 pada musim lalu. Klub asal Kalimantan itu juga diprediksi tidak akan betah berlama-lama di kasta kedua sepak bola Indonesia.

Namun, Carolino tidak terlalu khawatir dengan calon-calon tim pesaing tersebut. Ia menilai sepak bola di Indonesia sulit untuk ditebak, termasuk mereka yang bertabur bintang akan berjaya atau justru sebaliknya.

Terlebih para pesepak bola di Tanah Air sama-sama mengonsumsi makanan pokok yang sama, yakni nasi. Oleh sebab itu, kakak kandung dari Eduard Ivakdalam itu tidak memiliki alasan untuk gentar untuk menghadapi tim-tim tangguh di Liga 2 2019.

Baca Juga  Prajurit Kopassus Diwacanakan Dapat Pelatihan MMA

“Kalau saya, sepak bola Indonesia tidak bisa diprediksi. Walaupun tim baru degradasi. Tapi bagi kami, pemain sana makan nasi, kami makan nasi. Mungkin kalau mereka makan spageti itu beda. Jadi tidak ada kata mengalah, tidak ada kata pesimis dari tim-tim tersebut,” kata Carolino kepada KAMPIUN.ID.

Lebih lanjut, Carolino juga optimis dengan materi pemain Persewar untuk menghadai Liga 2 2019. Sebab, ia memiliki para pemain senior seperti Okto Maniani, Izaac Wanggai, hingga Marko Kabiay, yang dianggap bisa membantu tim serta memberi masukan pelatih.

“Saya tetap menghormati dan mengantisipasi tim di wilayah timur seperti Persiba Balikpapan, Mitra Kukar, dan tim-tim yang sudah lama di Liga 2. Namun, dengan materi pemain yang saya siapkan, saya masih optimis bersaing dengan tim lama ataupun tim yang baru turun dari Liga 2,” ujar Carolino.

“Saya kira pemain-pemaian seperti Okto, Moses, Marko, Victor Pae, dan Izaac Wanggai, mereka sudah tahu materi pemain dari luar karena sering bertanding. Mereka bisa ngasih masukan kepada saya sebagai pelatih. Mereka sudah sering melakukan itu beberapa waktu lalu untuk supay bisa antisipasi tim-tim yang ada di Liga 2,” tutup gelandang Persipura era 1990-an itu.

Baca Juga  Prajurit Kopassus Diwacanakan Dapat Pelatihan MMA

Dalam dua bulan terakhir, Persewar Waropen telah melakukan pemusatan latihan di Jayapura. Rencana selanjutnya, Okto Maniani dan kolega akan terbang ke Malang, Jawa Timur, untuk melakoni pemusatan latihan yang kedua hingga bergulirnya Liga 2 2019.

Febri Aldi