Dilaporkan Langgar Financial Fair Play, Manchester City Terancam Larangan Bermain di Eropa

Manchester City (via @ManCity)

Manchester City tengah ketar ketir. Mereka terancam hukuman larangan bermain di kompetisi Eropa jika terbukti bersalah melanggar aturan UEFA terkait Financial Fair Play (FFP).

Mengutip Sky Sports, Football Leaks mengklaim bahwa bulan lalu Man City telah membengkakkan pendapatan sponsorship mereka. Tujuannya untuk menyesuaikan dengan peraturan UEFA.

Tiga pekan lalu, UEFA mengumumkan akan membuka kembali penyelidikan beberapa kasus jika ada informasi baru. Presiden UEFA, Aleksander Ceferin mengionfirmasi bahwa dia siap bersikap jika terbukti ada beberapa peraturan yang dilanggar.

“Kami sedang mengamati situasi ini. Kami memilik badan independen yang mengurus masalah ini. Anda akan mendengar jawaban kami sesegera mungkin terkait apa yang terjadi pada kasus ini,” ujar Ceferin.

FFP diciptakan untuk memastikan bahwa klub sepak bola tidak mengeluarkan uang lebih banyak daripada pendapatan. Hal ini dilakukan untuk mencegah klub tenggelam dalam masalah keuangan.

Man City dimiliki oleh Sheikh Mansour, salah satu orang terkaya di unia, dan sejak 2008 lalu Man City sudah menghabiskan lebih dari 1 miliar poundsterling untuk membeli pemain dan membangun infrastruktur. Aktivitas intens Man City inilah yang mengundang kecurigaan UEFA.

Chrismansyah Prayogo